Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku, sikap dan keterampilan dalam diri siswa. Semakin baik siswa dalam belajar maka akan semakin baik pula hasil belajar yang didapatkan. Namun untuk mencapai hasil belajar yang maksimal sangat dipengaruhi rasa ingin tahu siswa. Mengapa demikian? Karena rasa ingin tahu ini adalah faktor internal yang menentukan kemauan belajar seorang siswa.
Siswa yang ingin tahu akan menunjukkan sikap dan perilaku berusaha memperoleh pemahaman lebih dalam dan luas tentang apa yang dipelajari, dilihat, dan didengar, atau sederhananya adalah “keinginan untuk terus belajar”.
Keinginan untuk terus belajar inilah yang akan mendorong mereka untuk melakukan eksplorasi terhadap hal baru.
Selain itu, rasa ingin tahu juga dapat mengatasi kebosanan siswa saat belajar. Jika pikiran siswa ingin tahu tentang sesuatu, tentu mereka akan mempelajarinya dengan sukarela dan antusias.
Lalu, bagaimana cara kita dapat mengetahui rasa ingin tahu mereka? Ayo, langsung saja simak penjelasan berikut ini tentang indikator karakter rasa ingin tahu siswa:
- Bertanya kepada guru maupun teman tentang materi pelajaran: bertanya tentang materi pelajaran membantu siswa memahami pelajaran lebih baik. Dengan bertanya, ia bisa mendapatkan penjelasan yang lebih jelas dan belajar dari sudut pandang yang berbeda. Berawal dari “bertanya” akan mendorong mereka untuk melakukan penyelidikan lebih mendalam.
- Gemar membaca: gemar membaca berhubungan erat dengan literasi. Literasi bukan hanya kemampuan membaca, tetapi juga kemampuan untuk mencari, memahami, dan mengolah informasi dari berbagai sumber.
- Membaca atau mendiskusikan gejala alam atau pembelajaran yang baru terjadi: membaca atau mendiskusikan gejala alam atau pembelajaran yang baru terjadi membantu siswa mengikuti perkembangan terbaru di dunia sekitar mereka. Hal ini juga sangat relevan dengan pembelajaran proyek yang dapat dijadikan topik atau inspirasi untuk kegiatan proyek yang akan dilakukan. Siswa dapat mengamati fenomena alam atau perkembangan terbaru, kemudian menggali lebih dalam melalui eksplorasi atau eksperimen.
- Perhatian pada objek yang diamati: dengan memberi perhatian penuh, siswa dapat mengidentifikasi detail-detail penting yang mungkin terlewatkan jika hanya sekadar melihat. Proses ini mengembangkan keterampilan observasi, memungkinkan siswa untuk menggali informasi lebih mendalam dan memahami sifat atau karakteristik objek yang sedang dipelajari.
Jadi Sahabat Sekolah Dasar, dari penjelasan di atas kita dapat menyimpulkan bahwa indikator karakter rasa ingin tahu siswa dapat dilihat dari berbagai sikap dan perilaku yang mencerminkan keinginan mereka untuk memahami lebih dalam tentang dunia sekitar.
Sumber: Direktorat Sekolah Dasar
Terimakasih Anda telah membaca tulisan / artikel di atas tentang :
Memupuk Rasa Ingin Tahu, Langkah Awal Gemar Belajar
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh SDN 01 Tenogo
Semoga informasi mengenai Memupuk Rasa Ingin Tahu, Langkah Awal Gemar Belajar bisa bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk meninggalkan Komentar di bawah ini.
Memupuk Rasa Ingin Tahu, Langkah Awal Gemar Belajar
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh SDN 01 Tenogo
Semoga informasi mengenai Memupuk Rasa Ingin Tahu, Langkah Awal Gemar Belajar bisa bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk meninggalkan Komentar di bawah ini.
0 comments:
Posting Komentar