SD Negeri 01 Tenogo Paninggaran Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah

Sabtu, 07 Juni 2025

Memupuk Rasa Ingin Tahu, Langkah Awal Gemar Belajar

Memupuk Rasa Ingin Tahu, Langkah Awal Gemar Belajar

Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku, sikap dan keterampilan dalam diri siswa. Semakin baik siswa dalam belajar maka akan semakin baik pula hasil belajar yang didapatkan. Namun untuk mencapai hasil belajar yang maksimal sangat dipengaruhi rasa ingin tahu siswa. Mengapa demikian? Karena rasa ingin tahu ini adalah faktor internal yang menentukan kemauan belajar seorang siswa. 

Siswa yang ingin tahu akan menunjukkan sikap dan perilaku berusaha memperoleh pemahaman lebih dalam dan luas tentang apa yang dipelajari, dilihat, dan didengar, atau sederhananya adalah “keinginan untuk terus belajar”.

Keinginan untuk terus belajar inilah yang akan mendorong mereka untuk melakukan eksplorasi terhadap hal baru.

Selain itu, rasa    ingin   tahu juga  dapat   mengatasi kebosanan  siswa  saat  belajar.  Jika  pikiran siswa ingin tahu tentang sesuatu, tentu mereka akan mempelajarinya dengan sukarela dan antusias.

Lalu, bagaimana cara kita dapat mengetahui rasa ingin tahu mereka? Ayo, langsung saja simak penjelasan berikut ini tentang indikator  karakter  rasa ingin  tahu siswa: 

  1. Bertanya   kepada guru   maupun teman   tentang materi pelajaran: bertanya tentang materi pelajaran membantu siswa memahami pelajaran lebih baik. Dengan bertanya, ia bisa mendapatkan penjelasan yang lebih jelas dan belajar dari sudut pandang yang berbeda. Berawal dari “bertanya” akan mendorong mereka untuk melakukan penyelidikan lebih mendalam.
  2. Gemar membaca: gemar membaca berhubungan erat dengan literasi. Literasi bukan hanya kemampuan membaca, tetapi juga kemampuan untuk mencari, memahami, dan mengolah informasi dari berbagai sumber.
  3. Membaca atau mendiskusikan  gejala  alam  atau  pembelajaran yang baru terjadi: membaca atau mendiskusikan gejala alam atau pembelajaran yang baru terjadi membantu siswa mengikuti perkembangan terbaru di dunia sekitar mereka. Hal ini juga sangat relevan dengan pembelajaran proyek yang dapat dijadikan topik atau inspirasi untuk kegiatan proyek yang akan dilakukan. Siswa dapat mengamati fenomena alam atau perkembangan terbaru, kemudian menggali lebih dalam melalui eksplorasi atau eksperimen.
  4. Perhatian    pada objek    yang diamati: dengan memberi perhatian penuh, siswa dapat mengidentifikasi detail-detail penting yang mungkin terlewatkan jika hanya sekadar melihat. Proses ini mengembangkan keterampilan observasi, memungkinkan siswa untuk menggali informasi lebih mendalam dan memahami sifat atau karakteristik objek yang sedang dipelajari.

Jadi Sahabat Sekolah Dasar, dari penjelasan di atas kita dapat menyimpulkan bahwa indikator karakter rasa ingin tahu siswa dapat dilihat dari berbagai sikap dan perilaku yang mencerminkan keinginan mereka untuk memahami lebih dalam tentang dunia sekitar.

Terimakasih Anda telah membaca tulisan / artikel di atas tentang :
Memupuk Rasa Ingin Tahu, Langkah Awal Gemar Belajar
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh SDN 01 Tenogo
Semoga informasi mengenai Memupuk Rasa Ingin Tahu, Langkah Awal Gemar Belajar bisa bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk meninggalkan Komentar di bawah ini.
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Copyright © TAMAN PENDIDIKAN SDN 01 TENOGO | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com