SD Negeri 01 Tenogo Paninggaran Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah

Jumat, 28 Maret 2025

Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Sekolah Dasar di Kelas Tinggi

Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Sekolah Dasar di Kelas Tinggi

Pembelajaran untuk mendukung keterampilan pemecahan masalah penting bagi  peserta didik. Mengapa demikian? karena keterampilan yang satu ini tidak hanya berkaitan dengan intelektual suatu individu, melainkan juga berkaitan dengan keterampilan sosial dan emosional yang akan dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Untuk menerapkan strategi pembelajaran ini ada beberapa langkah yang perlu Sahabat Sekolah Dasar lakukan, diantaranya yaitu:

  1. Membaca dan Berpikir tentang suatu masalah : merupakan proses yang mencakup beberapa kegiatan penting, seperti mengidentifikasi fakta, menemukan pertanyaan yang sesuai, membayangkan situasi yang dijelaskan, serta menjelaskan konteks informasi yang diberikan.
  2. Ekplorasi dan Merencanakan Solusi : memerlukan serangkaian kegiatan untuk tindakan menyusun atau mengatur informasi penting yang diperoleh, menghilangkan informasi yang tidak diperlukan, membuat model atau ilustrasi dari masalah yang dihadapi, dan menyajikan informasi dalam bentuk diagram, tabel, atau gambar yang mempermudah pemahaman. 
  3. Menentukan  Strategi yang Akan Digunakan : peserta didik menentukan cara terbaik untuk menyelesaikan masalah. Mereka Menyusun pola dalam data, mencoba berbagai metode atau pendekatan, melakukan simulasi atau eksperimen, menyederhanakan masalah, membuat daftar langkah-langkah secara terurut, mengelompokkan masalah menjadi bagian yang lebih sederhana untuk dipecahkan.
  4. Menemukan dan Memecahkan Masalah Tersebut : melibatkan penggunaan berbagai kemampuan matematika dan berpikir kritis. Hal ini mencakup memprediksi hasil, menggunakan keterampilan perhitungan, menerapkan prinsip aljabar atau geometri, serta menggunakan alat seperti kalkulator jika diperlukan untuk mempercepat proses. 
  5. Merefleksikan dan Mengembangkan Hasilnya : mencakup meninjau kembali jawaban yang diberikan, mempertimbangkan alternatif solusi, mengambil informasi atau konsep jawaban untuk situasi yang serupa, mendiskusikan hasil dengan teman kelas, dan bahkan menciptakan bentuk masalah baru berdasarkan masalah asal untuk memperluas pemahaman dan keterampilan mereka.

Demikian beberapa langkah pembelajaran pemecahan masalah, apakah Sahabat Sekolah Dasar sudah ada yang menerapkan sebelumnya?

Keterampilan pemecahan masalah membantu memperkaya pengalaman belajar mereka secara menyeluruh dengan melibatkan mereka dalam proses aktif mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan masalah yang bervariasi, sehingga memungkinkan mereka untuk memahami konsep-konsep dengan lebih dalam dan mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam konteks yang relevan dan bermakna

Terimakasih Anda telah membaca tulisan / artikel di atas tentang :
Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Sekolah Dasar di Kelas Tinggi
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh SDN 01 Tenogo
Semoga informasi mengenai Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Sekolah Dasar di Kelas Tinggi bisa bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk meninggalkan Komentar di bawah ini.
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Copyright © TAMAN PENDIDIKAN SDN 01 TENOGO | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com