SD Negeri 01 Tenogo Paninggaran Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah

Slider

Sabtu, 25 September 2021

Implementasi Digitalisasi Sekolah Melalui Pemanfaatan dan Integrasi TIK Dalam Pendidikan

Implementasi Digitalisasi Sekolah Melalui Pemanfaatan dan Integrasi TIK Dalam Pendidikan

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terus berkembang sangat pesat dan memberikan dampak terhadap berbagai sektor, termasuk sektor pendidikan. MB Longhua mendeskripsikan bahwa integrasi TIK dalam pendidikan dapat meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar, menambah antusiasme dan partisipasi aktif di kelas, meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya serta meningkatkan rasa tanggung jawab dan juga kolaborasi.

Dalam sambutannya pada webinar bertajuk Pemanfaatan dan Integrasi TIK Dalam Pendidikan, Jumeri, S.T.P., M.Si., Direktur Jenderal PAUD Dikdasmen, Kemendikbudristek menyampaikan bahwa TIK sangat berperan sebagai infrastruktur pembelajaran dimana bahan ajar tersedia dalam format digital. Dengan begitu proses belajar bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Apalagi ketika pelaksanaan kegiatan PTM terbatas seperti saat ini, di mana ada beberapa sekolah yang menerapkan pola pembelajaran campuran atau blended learning yaitu ada yang hadir di kelas dan sebagian lagi mengikuti dari rumah.

“Dengan adanya TIK, peserta didik tidak harus terpaku belajar pada tempat dan waktu yang telah ditentukan. Saat senggang dan sedang berada di tempat umum mereka tetap bisa belajar melalui perangkat yang mereka miliki,” kata Jumeri (17/9).

Selain itu, kini sumber bahan ajar para tenaga pendidik tidak hanya bisa didapat dari buku yang tercetak secara manual, namun juga bisa dilakukan melalui TIK yang bisa dijadikan sebagai sumber bahan ajar. Melalui perkembangan TIK ada banyak bahan ajar yang bisa didapat dari seluruh belahan dunia, sehingga ilmu yang didapat pun lebih banyak dan lebih luas.

“Sebagai alat bantu dan fasilitas pembelajaran, TIK membuat proses belajar mengajar jadi lebih inovatif dan menyenangkan. Selain itu juga dinilai efektif karena lebih modern, belajar bisa dilakukan dimana saja termasuk secara online menggunakan internet, mengakses website, blog, forum ataupun aplikasi yang kini banyak tersedia di internet,” ujar mantan kepala sekolah tersebut.

Beliau melanjutkan, dalam mendukung pelaksanaan digitalisasi sekolah dan pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer, Direktorat Jenderal PAUD Dikdasmen telah mengalokasikan dana dalam pemenuhan peralatan TIK melalui APBN dan prioritas dana alokasi khusus di tahun 2021 dan 2022, dalam pemenuhan sarana TIK dan rehabilitasi prasarana sekolah melalui program fisik.

Tahun 2022, penggunaan program fisik mengutamakan dua hal, kata Jumeri. Pertama, adalah pemenuhan sarana teknologi informasi dan komunikasi atau TIK. Yaitu program digitalisasi sekolah yang tahun mendatang akan menjadi infrastruktur dasar bagi peserta didik dan guru dalam pembelajaran. Kemudian yang kedua adalah pembangunan prasarana terutama sekolah yang tidak memadai dan banyak mengalami kerusakan.

“Jadi program fisik kita diprioritaskan untuk dua hal, yaitu peralatan TIK dan rehab sekolah-sekolah yang mengalami kerusakan,” tutupnya.

Sementara itu, Lailatul Machfudhotin, MA., dari Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbudristek menuturkan integrasi TIK adalah bagaimana pihak sekolah mampu memanfaatkan TIK dan mampu mengoptimalkan TIK untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Selengkapnya silahkan klik DI SINI 
Terimakasih Anda telah membaca tulisan / artikel di atas tentang :
Implementasi Digitalisasi Sekolah Melalui Pemanfaatan dan Integrasi TIK Dalam Pendidikan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh SDN 01 Tenogo
Semoga informasi mengenai Implementasi Digitalisasi Sekolah Melalui Pemanfaatan dan Integrasi TIK Dalam Pendidikan bisa bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk meninggalkan Komentar di bawah ini.
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Copyright © TAMAN PENDIDIKAN SDN 01 TENOGO | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com