SD Negeri 01 Tenogo Paninggaran Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah

Slider

Minggu, 22 Agustus 2021

Ayo Ciptakan Sekolah Hijau di Tengah Pandemi Covid-19

Ayo Ciptakan Sekolah Hijau di Tengah Pandemi Covid-19

Lingkungan sehat dalam sekolah akan sangat mendukung tercapainya generasi hebat, cerdas, sehat dan berkualitas. Menciptakan lingkungan yang sehat pada sekolah salah satu caranya dengan menciptakan sekolah hijau atau green school.

Green school bukan hanya tampilan fisik sekolah yang hijau atau rindang saja. Ini merupakan wujud sekolah yang memiliki program dan aktivitas pendidikan yang mengarah pada kesadaran dan kearifan terhadap lingkungan hidup. Selain itu, harus memiliki komitmen dan secara sistematis mengembangkan program-program untuk menginternalisasikan nilai-nilai lingkungan ke dalam seluruh aktivitas sekolah.

Dalam webinar: Ayo Ciptakan Sekolah Hijau yang diselenggarakan Direktorat Sekolah Dasar, Rabu 18 Agustus 2021, Ir. Nirwono Joha, MLA., Koordinator Kemitraan Kota Hijau Indonesia, menyampaikan tiga isu yang menjadi landasan membangun kota hijau. Pertama adalah sustainable city atau kota berkelanjutan. Kedua liveable city. Dan yang ketiga adalah healthy city.

“Terciptanya kota hijau ini nantinya bisa menjadi pintu masuk buat teman-teman di Kemendikbud, khususnya Direktorat Sekolah Dasar untuk lebih menerapkan kota hijau di sekolah dasar dengan konsep sekolah hijau atau green school,” papar Nirwono Joha.

Menurut Nirwono, pihaknya bekerjasama dengan Kementerian PUPR sudah menginisiasi program kota hijau pada 2011. Hasilnya, dari 514 kota/kabupaten, sudah ada 150 kota/kabupaten yang memiliki program kota hijau.

Sustainable city  atau kota berkelanjutan adalah tujuan pembangunan berkelanjutan. Ada 17 tujuan pembangunan berkelanjutan. Salah satunya ada pada tujuan 11, yaitu menciptakan atau membangun sebuah kota aman, tangguh dan berkelanjutan. Ini masuk dalam konsep dasar hijau atau turunannya nanti juga turut membangun sekolah hijau.

Selengkapnya silahkan klik DI SINI 
Terimakasih Anda telah membaca tulisan / artikel di atas tentang :
Ayo Ciptakan Sekolah Hijau di Tengah Pandemi Covid-19
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Taman Pendidikan SDN 01 Tenogo
Semoga informasi mengenai Ayo Ciptakan Sekolah Hijau di Tengah Pandemi Covid-19 bisa bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk meninggalkan Komentar di bawah ini.
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Copyright © TAMAN PENDIDIKAN SDN 01 TENOGO | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com